Selasa, 01 Mei 2012

Sistem Operasi Pada Handphone


  JAVA OS


Handphone Java memiliki keunggulan tersendiri selain loading menunya cepat,handphone Java juga tidak terserang virus,karena handphone ini tidak memakai OS terbuka tidak seperti handphone symbian yang harus instalasi aplikasi jika kita akan menambahkan sebuah software dan terkadang virus yang menyerang tersembunyi dalam software yang kita install,jadi secara tidak langsung menginstal software juga install virus yang tidak di sadari.Tapi sayangnya handphone Java tidak bisa kita beri tambahan aplikasi yang kita ingini,inilah yang menjadi kelemahan handphone java. 
 SYMBIAN OS


Handphone symbian merupakan handphone yang memakai Operasional System (OS) terbuka sehingga handphone ini mudah untuk di tambah aplikasi lain seperti Music Player,Video Player Thema dan lain sebagainya.Ini yang menjadi keunggulan Handphone symbian jika kita bandingkan dengan Handphone Java bahkan Font pun bisa kita ganti sesuai selera kita.Tapi sayangnya handphone symbian gampang sekali terkena firus,gampang hank,juga loading menunya tidak secepat loading menu pada handphone Java, mungkin ini yang menjadi kelemahan dari handphone symbian.
Mirip seperti sistem operasi desktop , Symbian OS mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking dan pengamanan terhadap memori, Apa itu Multithread dan multitasking? Sebenarnyakedua istilah itu maksudnya sama, yakni memberikan kemampuan Symbian OS untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi sekaligus. Multitasking juga merupakan salah satu fitur andalan dari OS Symbian.Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian 3 dengan PR 02 yang disebut symbian belle. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS,v9.1s dan s60 v5. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s.
Beberapa keunggulan dari Hp symbian yaitu:
  1. Hp symbian sudah bisa multitasking kayak komputer/laptop, artinya hp symbian bisa membuka lebih dari 1 aplikasi dalam keadaan standby.
  2. Hp symbian biasanya memiliki kemampuan membaca RAM yang lebih baik dari hp java.
  3. Mempunyai 2 macam installer, yaitu java (.jad / .jar) dan symbian sendiri (.sis).
  4. Bisa copy paste seperti di komputer.
  5. Tatanan menu bisa diatur sendiri.
  6. Hp symbian dapat ditambah kemampuannya dengan penambahan aplikasi dari pihak ketiga, karena sistem operasinya terbuka.
Kelemahan dari hp symbian yaitu:
  1. Karena memiliki sistem operasi terbuka, hp jenis ini lebih rentan terhadap serangan virus seperti Cabir, Commwarior, SymbOS.skulls, dan masih banyak lagi.
  2. Hp dengan sistem ini juga mudah Hang atau lambat alias lelet dalam membuka galery, lagu, serta pesan singkat (SMS).   
·        
 ANDROID
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux.Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Versi android : CupCake (Android 1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2.2), Gingerbread (Android 2.3), HoneyComb (Android 3.0).
Kelebihan:
1.   Android bersifat terbuka.
karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja.Aplikasi pada Android juga dapat kita dapatkan dengan mudah dan tidak berbayar, meskipun ada juga aplikasi yang berbayar.
  1. Multitasking
Kalau anda pernah merasakan keunggulan dari Symbian yang bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus, begitu juga Android yang mampu membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup salah satunya.
  1. Kemudahan dalam Notifikasi
Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga Anda tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  1. Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market
Kalau Anda seneng install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market Anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang siap untuk Anda download di ponsel Android.
  1. Pilihan Ponsel yang beranekaragam
Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi Anda bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite.
  1. Widget
Dengan adanya Widget di homescreen, Anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
  1. Google Maniak
Jika Anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga Anda bisa dengan cepat mengecek email dari Gmail.

Kelemahan :
1.  Terhubung dengan internet.
Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif.Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita.
2.  Android Market kurang kontrol dari pengelola.
Aplikasi yang kita unduh dari Android Market terkadang masih terdapat malware.
3.  Kadang sering terdapat iklan.
Karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan.Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi.
4.  Boros Baterai.
Memang android lebih boros dibandingkan dengan OS yang lain. hal ini karena memang OS ini banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis

·        WINDOWS MOBILE
 
Windows Mobile adalah salah satu Sistem Operasi mobile Yang di kembangkan oleh Microsoft, dan di desain untuk di gunakan pada Smartphone dan Perangkat Nirkabel lainya.Versi saat ini di sebut ‘Windows Phone 7 ′.OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dan fitur-fiturnya di kembangkan menggunakan Microsoft Windows API.Windows Mobile di desain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Windows Desktop.Sebagai tambahan, Third party Software Development tersedia untuk Windows Mobile. Pertama kali di rilis sebagai Sistem Operasi Pocket PC 2000, kebanyakan perangkat Windows Mobile di lengakapi dengan Stylus Pen, yang mana di gunakan untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-nya di layar. Microsoft menngumumkan Platform baru, Windows 7 Series, di Mobile World Congress di Barcelona pada 15 Februari 2010. Perangkat yang menggunakan Windows Mobile 6.x series tidak dapat di upgrade ke seri Windows 7.
Kelebihan:
1.   Dukungan penuh dari Microsoft.
2.   Multitasking
3.   Aplikasi office yang lengkap.
4.   Tersedia Windows Market untuk memenuhi kebutuhan user.
5.   Tersedia fitur Find My Phone untuk mengetahui lokasi ponsel anda.
6.   Tersedia fitur Live Tiles untuk memberikan informasi pada homescreen ponsel anda.
Kekurangan:
1.   Mudah terserang virus.
2.   Kurang user friendly sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam.
3.   Sistem operasi terkesan lambat.
4.   Kurang responsif serta agak boros baterai.
5.   Lisensi Windows Mobile adalah berbayar sehingga smartphone WinMo terkesan lebih mahal.
·         IPHONE OS


iPhone OS merupakan sistem operasi khusus untuk perangkat iPhone keluaran Apple. Sistem operasi ini tidak dapat digunakan pada perangkat handphone selain iPhone keluaran Apple.Versi terbaru dari iPhone OS adalah iPhone OS 5 yang baru saja bulan kemaren diluncurkan.Meskipun banyak iPhone-iPhone palsu dipasaran, tetapi tidak ada satupun iPhone palsu yang menggunakan sistem operasi ini.
Kelebihan:
1.   Multitasking.
2.   Navigasi mudah.
3.   Terintegrasi penuh dengan OS Apple yang lain.
4.   Dukungan multimedia sangat baik.
5.   User Interface yang interaktif.
6.   Tersedia AppStore untuk memenuhi kebutuhan user.
7.   Mendukung GPS.
Kekurangan:
1.   Tidak support flash (Safari Mobile).
2.   Sangat bergantung pada Aplikasi 3rd Party..
3.   Standar aplikasi pengembang sangat ketat.
4.   Harga sangat mahal.
·         BLACKBERRY OS



BlackBerry OS adalah sistem operasi hanya digunakan oleh smartphone BlackBerry buatan RIM (Research In Motion). Sangat diminati Karena kemampuan push emailnya juga desain keyboard QWERTY sangat nyaman bila digunakan untuk meng-entry teks secara cepat dan tepat, sehingga cocok untuk disebut sebagai smartphone khusus untuk beremail ria.
Kelebihan:
1.   Fungsi BBM yang digunakan untuk chatting antar blackberry.
2.   Customize Theme untuk user level untuk mendesign thema blackberrynya sendiri.
3.   Fungsi geotag pada blackberry berGPS yang berisikan informasi.
4.   Tampilan akses multimedia yang sangat nyaman untuk digunakan.
5.   Fitur firewallnya,sangat efektif dalam memblok sms/mms/phone call yang tidak kita inginkan.
6.   System full backup/recover mempermudah user dalam membackup data-data penting.
Kekurangan:
1.   Belum mendukung conference call.
2.   Tidak ada aplikasi native untuk menerima dan mengirimkan fax.
3.   Spell check yang membantu pengecekan kesalahan ketik hanya dapat berjalan jika selesai diketik semua.
4.   Sinkronisasi antara email di blackberry dan server kurang maksimal.
5.   Browser bawaan blackberry tidak sempurna menampilkan webpage ber-javascript dan animasi.
6.   Aplikasi tambahan tak melimpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar