Selasa, 01 Mei 2012

Sejarah Handphone

Martin Cooper merupakan penemu ponsel yang digunakan lebih dari separuh populasi dunia. Handset pertama dilahirkannya pada 1973 dengan bantuan tim Motorola dengan berat dua kilogram. Ketika dia di jalanan New York dan membuat panggilan ponsel pertama dari prototipe ponselnya, dia tidak pernah membayangkan perangkat buatannya itu akan sukses suatu saat.

Handphone pertama kali di dunia tersebut hanya bisa dijalankan pada saluran GSM 900, dan bahkan selain dilengkapi dengan tombol nomor standar, handphone pertama kali di dunia tersebut juga dilengkapi dengan tombol sebagai berikut:

  • Rcl (Recall)

  • Clr (Clear)

  • Snd (Send)

  • Sto (Store)

  • Fcn (Function)

  • End

  • Pwr (Power)

  • Lock

  • Vol (Volume)

Handphone pertama kali yang ditemukan oleh Martin Cooper tersebut adalah DynaTAC 8000.DynaTAC merupakan model handphone pertama kali yang dikeluarkan oleh Motorola pada 1983.Handphone pertama kali didunia tersebut mempunyai berat total 2 Kg dengan panjang 25 cm, dan Motorola membutuhkan biaya sebesar US$1,000,000 untuk memproduksi DynaTAC pada tahun 1983.Harga jual DynaTAC pada masa itu adalah US$4,000 atau setara 36 Juta Rupiah.

Pada awalnya ponsel secara resmi dibuat untuk menolong dokter dan staf rumah sakit meningkatkan komunikasi mereka. Cooper berharap perangkat ini akan membantu keamanan dan kebebasan bagi orang-orang, tetapi ternyata implikasi sosial yang muncul melebihi pemahaman Cooper hampir selama empat dekade lalu.Generasi baru yang disebut sebagai ponsel pintar telah merevolusi industri ponsel mobile dan mengubah cara orang menggunakannya. Teknologi dalam handset telah berubah fokus dari voice menjadi fungsi lainnya semacam pemutar media portabel, jelajah web dan kamera.

Pada masa sekarang ini handphone sudah berkembang pesat, mulai dari bentuk yang semakin kecil dan beragam, mampu melakukan berbagai macam fungsi lain selain fungsi dasarnya seperti memutar musik, mengambil gambar maupun video, browsing, bermain game dan masih banyak kegunaan lain yang ada pada handphone sekarang ini. Handphone sekarang juga sudah menggunakan sistem operasi layaknya yang ada pada komputer, sisten operasi yang terdapat pada handphone juga bervariasi jenisnya mulai dari Java OS, Symbian OS, Blackberry OS, Android OS, Iphone OS, ataupun Windows Mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar